Bali Diserbu Pendatang

Belakangan ini Bali banyak diserbu pendatang. Sehingga menyebabkan Bali dipenuhi oleh penduduk, dibandingkan tahun 70-80an, kini Bali semakin sesak. Banyaknya pendatang dari luar daerah mengakibatkan Bali terus berkembang menjadi pulau metropolis. Dan mengakibatkan tingkat keamanan di Bali menurun drastis.

Desa adat di Bali di daerah perkotaanpun, harus diakui sejak tahun 90an juga mulai kehilangan kemampuan deteksi dan identifikasi terhadap masuknya pendatang. Di balik banyaknya pertambahan penduduk di Bali. Hal ini menimbulkan banyak akibat. Salah satunya infratruktur kebutuhan ruang dan bahan pangan tidak tersedia secara matang. Karena banyak lahan pertanian telah dialih fungsikan, menjadi pemukiman, penginapan dan lain sebagainya.

Banyak terdapat pengangguran, karena tidak semua pendatang memiliki life skill yang memadai. Akibatnya tingkat persaingan untuk memperebutkan sumber-sumber ekonomi semakin banyak, sedangkan potensi ekonomi terbatas. Ini juga akan menyebabkan banyaknya pemukiman kumuh yang bermunculan, dan meningkatnya kriminalitas dalam masyarakat Bali. Terbukti belakangan ini banyak terjadi aksi pembunuhan dan perampokan, dengan alasan faktor ekonomi.

Program transmigrasi pun tidak bisa di jadikan solusi satu-satunya, karena jika penduduk Bali harus rela meninggalkan tanah kelahirannya dan ditransmigrasikan demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya, Namun ini tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak kaum migram yang berdatangan.

Maka sebaiknya pemerintah melaksanakan program pengendalian penduduk. Membuka lapangan kerja melalui industri atau mengarahkan masyarakatnya untuk berwirausaha mandiri. Dan pemerintah hendaknya lebih menggalakan penciptaan lahan baru untuk daerah yang layak dan potensial. Namun hal tidak sepenuhnya bisa diharapkan, karena adnya kendala sosial, teknis dan biaya. Solusi lainnya yaitu pemerintah dapat memberikan penyuluhan unruk masyarakat agar memanfaatkan lahan kering semaksimal mungkin.

Berarti disini tidak hanya pemerintah yang harus mengatasi sendiri masalah ledakan penduduk dan serbuan para pendatang. Namun masyarakat juga perlu sadar bahwa mereka juga harus turut melancarkan program-program yang diluncurkan oleh pemerintah, demi mengatasi hal ini yang jika tidak segera di atasi akan menimbulkan banyak masalah yang akan mempengaruhi segala aspek kehidupan. Seperti ekonomi, sosial budaya, adat istiadat dan pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s