Melihat Karya Seni Bukan hanya dengan Logika

Banyak seniman Bali yang karya-karyanya kurang di hargai dengan pantas, saat ini. Orang–orang kebanyakan menilai seni dari nominal dan logika. Mereka senantiasa lebih memikirkan untung dan rugi, untuk melihat suatu karya seni. Padahal karya seni itu tidak hanya dilihat sekilas saja.Namun seni itu dilihat dan diresapi makna serta keindahanya. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, sehingga banyak seniman yang merasa kecewa dan terkesan diabaikan.

Beberapa fakor yang menyebabkan kurangnya peminat seni adalah karena, di zaman modern seperti sekarang orang-orang enggan mengamati seni secara mendalam. Mereka hanya memandang karya seni dari sebelah mata. Para peminat seni pun kebanyakan hanya menilai seni dengan logika mereka bukan dari segi keindahannya.

Mungkin juga salah satunya karena teknologi jaman sekarang yang semakin maju, sehingga mereka lebih memilih untuk menuruti perkembangan jaman daripada melihat suatu seni yang sudah ada sejak dulu.  Dan mungkin beberapa seniman mulai marah dan kecewa, terhadap orang-orang yang kebanyakan melihat karya seni mereka dari nominalnya.

Untuk mengatasi masalah ini mungkin ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah agar seiring berjalannya waktu seni dan seniman klasik tidak mulai pudar. Salah satunya seperti Pentas Kesenian Bali (PKB) yang dadakan setiap tahun. Dan berbagai kegiatan yang akan memicu agar orang-orang lebih menghargai karya seni dari para seniman.

Para seniman juga harus benar-benar membuat suatu karya seni dengan tetap memandang keindahan, bukan dengan memandang nominal yang akan didapatkan dari hasil karyanya. Dan agar orang-orang lebih bisa menilai seni yang dapat memadukan antara logika, etika dan estetika. Bukan hanya sekedar membuat karya, dan meninggalkan aturan-aturan yang telah ada sejak dulu.

Disini Pemerintah juga harus lebih memperhatikan para seniman agar mereka tetap semangat untuk membuat karya-karya yang lebih bagus lagi. Agar para peminat seni lokal maupun luar daerah dapat menikmati seni yang benar-benar asri dan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi orang lain dan senimannya.

2 thoughts on “Melihat Karya Seni Bukan hanya dengan Logika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s