ciptaan tuhan

TUHAN MENCIPTAKAN SEMUA YANG ADA DI DUNIA INI SUDAH MEMPUNYAI TUGASNYA MASING-MASING………

SEPERTI: BINTANG, MATAHARI, AIR,  BATU KARANG, A MAUPUN KAMU,,,,,

BINTANG TUGASNYA MENEMANI BULAN DI MALAM HARI TUK MENERANGI HATIMU,,,,

MATAHARI TUGASNYA MENYINARI WAJAHMU  DARI PAGI  HINGGA SAMPAI DI UJUNG BARAT

AIR TUGASNYA MEMBERIKAN KESEJUKAN UNTUK SEMUA MAKLUK YANG DICIPTAKAN TUHAN,, MULAI DARI SEKECIL PLANTON HINNGA SEBESAR GAJAH,,,,,,,,

BATU KARANG TUGASNYA MELINDUNGI IKAN-IKAN KECIL YANG KESEPIAN,,,,

AKU MEMPUNYAI TUGAS KHUSUS YANG DIBERIKAN OLEH TUHAN YAITU TERUS MENJAGA DIRIMU AGAR TETAP DI HATIKU,,,,,,,,, INI ADALAH TUGAS YANG PALING TERINDAH BAGIKU,,,

SEDANGKAN TUGASMU ADALAH MENERIMA KASIH SAYANG YANG TULUS DARI KU,,,,,,

KU INGIN SEPERTI BINTANG MENEMANI DAN MENERANGI HATIMU DI SAAT KEGELAPAN,,,

KU INGIN SEPERTI MATAHARI MENAMBAH KEGEMBIRAANMU DI ATAS TERANGNYA KASIH SAYANG KU,

KU INGIN SEPERTI AIR, MENEMANIMU DALAM KEHAUSAN, MENYEJUKAN HATI MU DAN MEMBERIKAN KASIH SAYANG SEPERTI AIR, BIARPUN DITEBAS DENGAN PEDANG TAK AKAN PERNAH PUTUS,

KU INGIN SEPERTI BATU KARANG YANG SENANTIASA MELINDUNGIMU, YANG TAK AKAN PERNAH PUPUS WALAU BADAI MENGANTAM, TAK KAN MENYERAH WALAUPUN BINTANG TAK ADA, TAK KAN PERNAH KEPANASAN WALAU TERIK MATAHARI TERUS MENINARI, TAK KAN PERNAH HANYUT WALAU DERASNYA AIR MENGHANTAM,,,,

 

KARYA;

                                                                                                                

                                                                      NAMA; NI WAYAN SOMYANTARI

dirimu

‘Sendri deh’. Gumam Ivy smbil berjalan sendirian di taman. Memang jodoh tidak kemana dan hati tetap memegang rasa. Tanpa sengaja Ivy menabrak orang yg sedang berjalan. Alhasil ternyata otang itu adalah Rama.

         ‘Ivy…!!!’. Rama terkejut.

‘lho??, kak Rama ngapaen disini.

‘kk Cuma iseng aja jalan-jalan sendiri, nah sedangkan km ngapaen disini sendiri? Mana Putra?’

‘udah nggak usah sebut namanya lagi, bikin mood ku hancur aja’.

         ‘km putus????’.

‘nggak kami Cuma break ja sementara waktu.’

‘berarti kamu sendiri sekarang kan? Kalo gitu gimana kalo kita jalan. Kk juga lagi boring nii malming nggak ada temen’.

‘boleh, emang mau kemana?’

‘Udah.. ikut aja’. Kata Rama sambil menarik tangan Ivy.

         30 menit kemudian akhirnya mereka sampai. Ternyata Rama mengajak Ivy ke taman bermain.

Disana Rama berusaha menghibur Ivy yg sedang menggalau. Rama mengajak Ivy bersenang-senang malam itu. Mencoba berbagai permainan. Dan menghadiahkan sebuah boneka lucu yg dia dapatkan ketika memenangkan sebuah permainan. Disana senyum Ivy pun mulai tampak seperti biasanya, yg sangat bersemangat.

         Entah kenapa Rama sangat senang jika melihat Ivy begitu bahagia.

Setelah lelah seharian bermain dan bersenang-senang.                 Rama membawa Ivy ke bukit yg sangat indah dengan pemandangan lampu malam yg begitu mempesona, sembari beristirahat sejenak. Continue reading “dirimu”

Aku Bukan Untuk Mu

“Re……tunggu donk!” kata Vira, “Eh……..kayak ada yg manggil aku siapa ya???”kata Renata lalu dia pun melihat ke belakang. “Oh….ternyata kamu Vir! Kenapa?”, “Ah nggak Cuma pengen masuk kls bareng aja! Biar ada temen!”. “Oh….tapi anterin ke perpus dulu ya!”. “Ok yuks….”. dan mereka pun pergi ke perpustakaan. Setelah beberapa saat mereka mencari buku di perpus mereka pun masuk kelas. Continue reading “Aku Bukan Untuk Mu”

cerita haruka

Hai namaku Haruka aku dari keluarga Rolland , keluarga yg sangat terkenal dan , ah sudah itu nggak penting , yg penting sekarang aku harus sampai di sekolah secepatnya . Tiba2 ada seorang anak cowok lewat di samping Haruka “Hai duluan ya..” , “Ih siapa sih cowok itu ? dia dapat mendahuluiku aku harus berlari lebih cepat” lalu Haruka pun berlari lebih cepat sampai menyeimbangi cowok itu , sesampainya di depan sekolah Haruka kelelahan dan hamper terjatuh tapi cowok itu langsung menangkap Haruka “Kamu tidak apa2?” katanya , “Em…aku tidak apa2 , terima kasih!” kata Haruka dgn nada tinggi , “Oh ia perkenalkan namaku Riku! ,  kalau namamu siapa?” , “Nggak penting!” kata Haruka jutek , dan Haruka langsung masuk kls . Tet…….tet….bel pulang sekolah pun berbunyi lalu Haruka pulang bersama Zora , dlm perjaanan pulang Zora bertanya pd Haruka  “Ruka kenapa hari ini kamu suntuk banget?” , “Em ia , gara2 tadi pagi aku bertemu seorang cowok waktu dlm perjalanan ke sekolah , waktu itu cowok itu mendahuluiku dlm berlari karma itu aku betek!” kata Haruka dgn kesal , Continue reading “cerita haruka”

TAMPANG VS OTAK

Aku Niken banyak yang bilang kalo aku gak bisa serius pacaran.Gara-gara aku sering gonta-ganti pacar.Habis gimana donk lok udah liat cowok ganteng and tajir aku jadi lupa daratan.Tapi jangan salahin aku siapa suruh mereka mau sama aku.Yang tajir bisa diporotin dikit trus yang ganteng bisa di pamerin sama temen-temen. He….he…he. Emag agak jahat tapi gak apa semasih bisa ngapain nyianyiain kesempatan.
Ken..Niken bangun dong sekarang kamu sekolah kan?Teriak Ibu sambil menggedor pintu.Iya buk udah bangun kok.Ya udah cepetan doung Agung udah nunggu.Iya sabar.Niken pun bersiap untuk berangkat.Hei gung udah lama?Gak kok.Yuk berangkat sekarang!.Loh Ken gak sarapan dulu?.Gak usah buk tar di sekolah aja.Ya udah Niken berangkat ya.Nah yang ini Agung dia pacar pertama aku tampangnya biasa aja tapi tajirnya itu duh gak ketulungan.Agung ini anak kuliahan jadi kebanyakan sibuknya.Ken nanti pulang sekolah kita jalan yuk!Boleh emangnya mau jalan kemana? Ada deh pokoknya tempatnya asik.Gung nganternya sampe sini aja.Iya tau udah biasa kan.Ya udah sekolah yang bener sayang.Iya Daa.Huhhhh hari ni juga lancar.Aku minta anter sampi sini gara-gara aku punya pacar lain di sekolah.Untung agung percaya waktu aku bilang back streat sama temen-temen. Continue reading “TAMPANG VS OTAK”

Bali Diserbu Pendatang

Belakangan ini Bali banyak diserbu pendatang. Sehingga menyebabkan Bali dipenuhi oleh penduduk, dibandingkan tahun 70-80an, kini Bali semakin sesak. Banyaknya pendatang dari luar daerah mengakibatkan Bali terus berkembang menjadi pulau metropolis. Dan mengakibatkan tingkat keamanan di Bali menurun drastis.

Desa adat di Bali di daerah perkotaanpun, harus diakui sejak tahun 90an juga mulai kehilangan kemampuan deteksi dan identifikasi terhadap masuknya pendatang. Di balik banyaknya pertambahan penduduk di Bali. Hal ini menimbulkan banyak akibat. Salah satunya infratruktur kebutuhan ruang dan bahan pangan tidak tersedia secara matang. Karena banyak lahan pertanian telah dialih fungsikan, menjadi pemukiman, penginapan dan lain sebagainya. Continue reading “Bali Diserbu Pendatang”

Melihat Karya Seni Bukan hanya dengan Logika

Banyak seniman Bali yang karya-karyanya kurang di hargai dengan pantas, saat ini. Orang–orang kebanyakan menilai seni dari nominal dan logika. Mereka senantiasa lebih memikirkan untung dan rugi, untuk melihat suatu karya seni. Padahal karya seni itu tidak hanya dilihat sekilas saja.Namun seni itu dilihat dan diresapi makna serta keindahanya. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, sehingga banyak seniman yang merasa kecewa dan terkesan diabaikan.

Beberapa fakor yang menyebabkan kurangnya peminat seni adalah karena, di zaman modern seperti sekarang orang-orang enggan mengamati seni secara mendalam. Mereka hanya memandang karya seni dari sebelah mata. Para peminat seni pun kebanyakan hanya menilai seni dengan logika mereka bukan dari segi keindahannya. Continue reading “Melihat Karya Seni Bukan hanya dengan Logika”

KAULAH HIDUP DAN MATIKU

Heiii klian semua lulus tidak? Lulussss dounk.Berarti nanti malam kita bisa merayakannya pesta kelulusan dounk. Sopasti (saut kompak semua murid).We Nis nanti malam kamu ikut kan?Tentu saja aku gak bakalan melewatkan hari penting kayak gini.Aku Denis sekarang aku sudah lulus SMU berarti cita-citaku menjadi dokter semakin dekat. Baiklah semuanya sampai nanti malam ya!

Malam pun tiba Denis pun bersiap-siap menuju acara pesta.Setelah 30 menit perjalanan dia pun sampai.Yee akhirnya calon dokter kita datang juga.Sudah jangan gangguin aku,lebih baik sekarang kita pesta.Eh Nis gimana jadi sekarang kamu nembak Desi?”,Tanya Tono. Aku sudah mikirin itu tapi sepertinya aku gak berani.Kenapa?.Aku takut ditolak.Dasar kamu aku kira takut kenapa.Tenang aku yakin dia pasti nerima kamu secara kamu sudah ngasi dia jawaban sampai dia bisa lulus dengan nilai memuaskan.Iya tapi itu kan tidak menjamin apapun.Kamu ini gimana masak laki-laki kayak gini yang Gentle dong!kamu gak maukan memendam perasaan ini selamanya?jangan sampai Desi direbut Leo.Oke aku akan mengutarakan isi hati ku sama Desi.Gitu dong baru temen ku.

Baiklah teman-teman sekarang kita adain dansa.Semuanya harap mencari pasangan masing-masing!Denis pun memberanikn diri mengajak Desi.Des mau dansa?. Boleh.Mereka pun berdansa. Hemm Des bisa gak kita keluar sebentar ada yang ingin aku bicarakan. Boleh ayo.Mereka pun keberanda.Angin malam yang sepoi-sepoi membuat jantung Denis semakin berdetak kencang.Begini Des sebenarnya..Sebenarnya…Sebenarnya apa Nis kamu ini kok jadi gagap kayak gini?sante aja aku bakalan dengerin kamu kok.

Kemudian Denis memberanikan diri memegang tangan Desi,Des sebenarnya dari kelas satu aku sudah suka sama kamu.Tapi karena kamu terlalu indah buat aku jangkau jadi aku takut mengutarakan perasaan ini.Kemudian sejak kelas tiga kita mulai dekat jadi aku memberanikan diri bilang suka sama kamu.Serentak Desi pun kaget.Nis aku juga suka sama kamu tapi sebagai teman.Kamu lebih asik di jadikan teman daripada pacar.Aku rasa aku bukan cewek yang tepat buat kamu.Iya kalo itu yang terbaik aku bisa terima. Tidak lama setelah itu Desi pun jadian dengan Leo.Denis hanya bisa pasrah melihat gadis impiannya jatuh di pelukan cowok lain.Dari sana Denis mulai menutup hati pada Wanita manapun. Continue reading “KAULAH HIDUP DAN MATIKU”

sahabat dan cinta

Sinta mungkin terlalu cepat tapiaku gak bisa lagi nahan perasaan ini kamu mau gak jadi pacarku”,tanya Mario. Lalu sinta pun mengangguk dengan malu-malu.Beneran Sin?(tariak Mario).Iya aku juga suka sama kamu.Dari sana lah mereka berdua mulai pcaran tapi tidak terlalu wajar alias back stret.

Sejak pacaran dengan Mario Sinta benar-benar merasa jadi orang paling bahagia sedunia.Hari pertama masuk sekolah setelah pacaran dengan Mario membuat Sinta deg-degan.Sampai didepan kelas Sinta sudah meliat Mario menunggunya dia pun menghampiri Mario.Pagi Sit.Pagi Yo.Kamu ngapain disini gak masuk kelas ?.Gimana mau masuk kelas kalo belum liat pacarku taersayang.Dasar kamu ini gombal banget sih.Loh kok gombal? tapi biar gombal kamu tetep suka kan? Iya iya dasar kamu.Sekarang uadah puas liat aku”, tanya Sinta.Sebenernya sih belum jadi entar kita makan bareng dikantin ya”,ajak Mario.Iya”, saut.Sinta.Setelah Mario pergi Sinta pun masuk kedalam kelas. Continue reading “sahabat dan cinta”

wawancara

Tema: kekerasan remaja

Narasumber: Drs. I Nyoman Rai Putra

Wartawan: Ni Wayan Somyantari

Kekerasan remaja sering sekali terjadi belakangan ini, tidak hanya dikalangan remaja lelaki saja, namun tidak sedikit hal ini juga terjadi di kalangan remaja perempuan. Kekerasan pada remaja diakibatkan dari berbagai factor, baik dari intrinsic, maupun factor ekstrinsik. Berikut adalah tanggapan dari salah satu guru di Blasman mengenai kekeasan remaja:

Wartawan : selamat pagi pak!!!!

Narasumber: selamat pagi!!!!

Wartawan: pak, saya Somy  murid X3 mendapatkan tugas untuk mewawancarai salah satu guru di sekolah ini.

Narasumber: ya, wawancara mengenai apa????

Wartawan : kekerasan pada anak remaja pak, apakah bapak ada waktu sekarang untuk saya wawancarai????

Narasumber: silahkan, kebetulan bapak juga tidak ada jam mengajar.

Wartawan: terima kasih pak,  pertanyaan saya yang pertama, bagaimana pendapat bapak tentang kekerasan remaja yang sering terjadi belakangan ini?????

Narasumber: kekerasan yang terjadi belangan ini bapak anggap sebagai salah urus,  di rumah tangga yang mengurus tetapi keluarga tersebut mengalami keretakan, sehingga hal ini dilampiaskan di luar, anak remaja juga perlu kasih sayang, karena tidak mendapatkan dia lalu melampiaskan di luar yang pelampiasnya menyalahi norma.

Wartawan: apakah peran serta sekolah berpengaruh pada kekerasan pada remaja pak????

Narasumber: bukannya hanya di sekolah saja, karena  yang termasuk tanggung jawab sekolah  cuma dari pagi hingga jam 13:00 sampai jam 15:00, yang berperan banyak itu adalah di lingkungan dan di keluarga, dan tempat dia bergaul.

Wartawan: bapak sebagai guru agama di sekolah ini tentunya mengetahui apakah kekerasan itu dilarang oleh agama???

Narasumber: tentu, karena agama hindu mengajarkan umatnya untuk tidak berbuat yang keras, agama hindu itu santhi dan damai , maka dari itu konsep agama itu mengajarkan kita sama, jika salah menyadari kesalahannya. Kekerasan pada remaja sangat dilarang oleh agama, apalagi sampai menyakiti sesama.

Wartawan: apakah dalam agama hindu ada yang mengatur tentang kekerasan pada remaja pak?????

Narasumber: ada, dalam agama hindu jika kita bisa berpegangan pada filsapah agama himdu yaitu ‘’tat wam asi’’ kekerasan itu tidak akan mungkin terjadi, karena tat wam asi itu memandang, jika saya menyakiti orang lain maka saya juga menyakiti diri sendiri,

Wartawan: apakah peraturan yang ada di sekolah ini dapat menekan terjadinya kekerasan pada remaja pak????

Narasumber: tata tertib itu dibuat untuk dijalankan, dan tata tertib dibuat untuk mengantisipasi bukannya menekan, jika menekan terjadi dulu baru ditekan biar tidak lebih parah.

Wartawan: dari pertama kali mengajar di sekolah ini hingga sekarang, apakah pernah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekerasan pada remaja pak?

Narasumber: ada, tetapi kecil persentasenya, belum sampai melibalkan pihak-pihak di luar sekolah.

Wartawan: jika hal itu terjadi tindakan apa yang dilakukan oleh pihak sekolah?

Narasumber: pertama memanggil siswa yang bersangkutan, dijanjutkan dengan memanggil orang tua mendekatkan masalah yang terjadi kepada orang tua dari siswa yang bersangkutan, lalu disana ada kepala sekolah, wakasek, dan ada guru BK, wali kelas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui masalahnya, karena di sekolah itu tugasnya tidak hanya belajar, tetapi juga bertujuan untuk pembentukan karakter, setelah semua pihak sudah mengetahui masalahnya, maka siswa itu dibimbing oleh guru BK, setelah dibimbing diarahkan ke jalan yang benar.

Wartawan: apa harapan kedepannya bagi generasi muda sekarang pak?

Narasumber: harapan ke depan, karena generasi muda adalah tulang punggung bangsa sebagai genesari pengganti nantinya, orang tua tentu berharap bangsa Indonesia itu menjadi lebih baik. Hal ini harus berawal dari generasi muda.

Wartawan: terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya pak, saya mohon maaf   jika ada kesalah dari pertanyaan maupun cara saya menyampaikan.

Narasumber: bapak juga mohon maaf jika apa yang bapak sampaikan ada kesalahan.

Wartawan: selamat pagi pak,,,

Narasumber: selamat pagi,